Jumat, 02 September 2011

Konsep Sambutan Koordinator Umum

Berikut ini akan diberikan konsep sambutan Koordinator Umum kegiatan Shalat Idul Fitri 1432 H. yang dibacakan langsung oleh Bp. H. Masduqi Ikhsan. Konsep ini dibuat oleh Sekretaris, Bp. Bambang Wahyudi.


Sambutan Koordinator Umum

Yang saya hormati:

1. Pimpinan Wilayah Pondok Sukmajaya Permai Depok,
  Bapak-bapak RW beserta seluruh jajarannya, Bapak-Ibu RT beserta seluruh jajarannya;
2. Pimpinan beserta jajaran dari Enam Dewan Kemakmuran Masjid/ Mushola
    Di lingkungan perumahan Pondok Sukmajaya dan Sekitarnya;
3. Ibu Pimpinan PKK beserta seluruh jajarannya;
4. Khotib, Bapak Prof. Dr. Achmad Mubarok, MA.;
5. Para tamu undangan sekalian;
6. Seluruh Panitia Bersama Shalat Idul Fitri 1432 H dari 6 DKM
7. Para donatur dan penyumbang pada kegiatan ini;
8. Para jemaah pada umumnya.
Segala puji bagi Allah yang Maha Kuasa atas setiap diri makhlukNya, maka pada pagi ini, tidak ada yang pantas kita ucapkan selain mengumandangkan takbir, tahmid, dan tasbih membesarkan AsmaNya. Karena atas keridhoanNya-lah pagi ini kita masih diberi usia dan kesempatan untuk mengabdi kepadaNya dan kepada sesama makhlukNya.

Shalawat dan salam kita curahkan ke hadirat Nabi Besar Muhammad SAW. karena atas pengorbanan dan perjuangannya-lah, kita diberi jalan terang dalam menapaki sendi-sendi kehidupan ini sesuai dengan garis yang telah diberkahi Allah SWT. Semoga kita dapat selalu mengikuti segala sunnah rasul Muhammad SAW dan mendapat safaat darinya di hari akhir nanti. Aamiin.

Bapak-bapak, Ibu-ibu, dan para hadirin sekalian,

Pada hari ini, sebentar lagi  Insya Allah kita akan melaksanakan shalat Idul Fitri 1432 H. secara bersama-sama dari jamaah di 6 DKM, yaitu (1) Masjid Al-Muttaqin, (2) Masjid Al-Amin, (3) Mushola Baitul Jamaah, (4) Mushola Al Fatah, (5) Mushola Nur-Rahman, dan (6) Mushola Baitun-Nur. Penyelenggaraan sholat bersama ini adalah untuk yang kedua kalinya dan mudah-mudahan untuk seterusnya dengan penyelenggaraan yang semakin baik dan terus semakin baik lagi. Pada tahun 1431 H. DKM Al-Muttaqin yang menjadi koordinator pelaksana, pada tahun 1432 H. kali ini, giliran DKM Al-Amin yang menjadi coordinator pelaksana, dan pada tahun 1433 H. mendatang kembali giliran Al-Muttaqin.

Dengan bersatunya seluruh umat muslim di Pondok Sukmajaya Permai ini Insya Allah akan menjadikan kita lebih kukuh, lebih besar, dan lebih erat. Dengan eratnya tali silaturrahim yang telah kita bina, Insya Allah akan memunculkan rasa kasih sayang di antara kita, sebagai mana yang telah diperintahkan Allah dengan sifat “Rahman” dan “Rahim”Nya. Dengan munculnya rasa kasih-sayang di antara kita, maka tidak ada lagi kesulitan yang tidak dapat kita pecahkan bersama.

Bapak-bapak, Ibu-ibu, dan para hadirin sekalian,

Pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang turut mendukung persiapan pelaksanaan acara ini, yaitu kepada Bank Syariah Mandiri, Yayasan Pendidikan Rachmaniyah, seluruh panitia, dan para donatur sekalian yang tidak dapat kami sebutkan satu per satu. Semoga amal baik Bapak/ Ibu/ Saudara/I sekalian mendapat ganjaran yang berlipat dari Allah Yang Maha Luas KaruniaNya.

Perlu diketahui bahwa hasil dari pengumpulan infaq pada pagi ini dari seluruh jamaah, utamanya akan digunakan untuk mencicil pembangunan masjid Al-Amin yang secara keseluruhannya diperlukan dana sebesar minimal 2 milyar rupiah. Semoga infaq yang Bapak/ Ibu/ Saudara/ Saudari keluarkan pagi ini akan menjadi tabungan akhirat yang tidak terputus karena diniatkan untuk mewujudkan bangunan Masjid Al-Amin sesuai dengan yang telah direncanakan. Aamiin.

Bapak-bapak, Ibu-ibu, dan para hadirin sekalian,

Dengan kebersamaan kita dalam melaksanakan setiap shalat Idul Fitri dan Idul Adha di Pondok Sukmajaya Permai ini, Insya Allah akan berimbas pada pengembangan kebersamaan dalam kegiatan-kegiatan lain, baik kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan, maupun kegiatan-kegiatan keagamaan, misalkan pada setiap acara perayaan hari besar Islam seperti perayaan 1 Muharam, Maulid Nabi, dan sebagainya. Secara nyata kita wujudkan sunnah rasul untuk mempererat ukhuwah Islamiyah di antara kita.

Mari mulai kita tradisikan untuk membentuk panitia bersama, bukan hanya dari keenam DKM beserta jajarannya saja, tetapi termasuk di dalamnya organisasi-organisasi kemasyarakatan lainnya yang peduli dengan lingkungan tempat tinggal kita ini. Misalkan saja dari Pengurus RT, RW, PKK, karang taruna, dan komunitas-komunitas yang ada di lingkungan kita. Semoga kita dapat menjadi contoh tentang arti kebersamaan bagi daerah-daerah lain.

Bapak-bapak, Ibu-ibu, dan para hadirin sekalian,

Berbicara mengenai pembentukan tradisi yang baik, maka sudah sepantasnya sejak dini kita harus melibatkan para remaja dan generasi muda kita dalam berbagai kegiatan, khususnya kegiatan keagamaan kita. Karena kepada merekalah masa depan wilayah kita akan kita serahkan. Termasuk dalam kepemimpinan di masjid atau mushola yang biasa disebut dengan Dewan Kemakmuran Masjid/ Mushola, keterlibatan generasi muda akan sangat berarti karena tantangan di masa depan berbeda dengan tantangan yang ada saat ini. Dengan melibatkan generasi muda pada saat ini, maka proses estafet kepemimpinan dapat berjalan dengan mulus.

Begitu juga dengan DKM Al-Amin, bila ada generasi muda yang lebih cakap, lebih terampil, dan lebih agresif untuk dapat menyelesaikan pembangunan Masjid Al-Amin, maka dengan legowo, dengan ikhlas, kami generasi lama mempersilakan para generasi muda untuk tampil memimpin Al-Amin, kami generasi sebelumnya akan menjalankan pepatah ‘tut wuri handayani’ (mendukung dari belakang).

Bapak-bapak, Ibu-ibu, dan para hadirin sekalian,

Demikian sambutan saya selaku Koordinator Umum pada kegiatan sholat Idul Fitri ini dan Idul Adha 1432 H. mendatang. Bila ada hal-hal yang salah yang kami lakukan, atau ada hal-hal yang tidak berkenan di hati Bapak/ Ibu/ Saudara/ Saudari sekalian, kami mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya. Kami berharap kepanitiaan ini terus berlanjut untuk kegiatan shalat Idul Adha 1432 H. mendatang sebelum pada tahun berikutnya, kepanitiaannya akan diserahkan sepenuhnya  sesuai dengan kesepakatan kepada DKM Masjid Al-Muttaqin.

Demikian, atas segala perhatian dan bantuannya, kami ucapkan terima kasih.


وَبَرَكَاتُهُ اللهِ وَرَحْمَةُ السَّلاَمُ وَعَلَيْكُمْ

Nb.: bagi yang ingin mengajukan pertanyaan, silakan email ke yamaro.depok@gmail.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar