Kamis, 18 Agustus 2011

Khotib Idul Fitri 1432 H.

Insya Allah pada sholat Idul Fitri 1432 H. yang sebentar lagi akan kita selenggarakan di perumahan  Pondok Sukmajaya Permai, akan hadir dan bertindak sebagai khotib adalah Bp. Prof. Dr. Achmad Mubarok, MA.

Berikut gambaran sekilas tentang siapa beliau:

Prof. Dr. Achmad Mubarok, MA., lahir 15 Desember 1945 di Purwokerto..Pada dasarnya beliau  adalah insan pendidikan dan dakwah. Pengalaman pendidikan, pekerjaan, dan pergaulannya menempatkannya sebagai sosok yang kaya pengalaman dengan lingkungan pergaulan yang luas menembus batas. Latar belakang pendidikannya berangkat dari Pesantren Salafi, tetapi selanjutnya mengikuti pendidikan formal hingga S3.
 
Dalam kegiatan internasional, Mubarok pernah mengikuti Seminar Dakwah di Kairo (1988), Seminar Cendekiawan Muda Serantau di Kuala Lumpur (1993), mewakili Indonesia dalam Sarasehan Guru tarekat se Dunia (Multaqa at Tasawwuf at 'Alami) di Tripoli Libia (1995), mengikuti Sidang Istimewa The World Islamic People Leadership di Benghazi (1996), menghadiri pertemuan World Islamic Call Society di Malta (1995 dan 1996), mengikuti forum International Islamic Gathering di Baidla City Libia (1998) dan menjadi Guest Speaker pada 2nd International Islamic Unity Conference di Washington DC USA (1998).

Sekarang, di samping sebagai dosen dan da'i, Mubarok menjadi anggota Pleno MUl Pusat, Sekjen Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Islam Swasta (BKSPTIS) Pusat, pengurus Yayasan Kesehatan Mental, Pimpinan 56 Pesantren Pengembangan Masyarakat Fisabilillah, Ketua Program Pascasarjana UIA, Pendiri, dan Anggota Dewan Penasehat The International Institute of Islamic Thought (HIT) Indonesia, Pemimpin Redaksi Jurnal Iqra, Editorial Board Islamic Millennium Journal, dan pernah menjadi anggota MPR, Fraksi Utusan Golongan dari kelompok Budayawan /cendekiawan.  
Karya tulis yang sudah dipublikasikan antara lain, Perbandingan Agama Islam Kristen (Pustaka Salman Bandung 1985), Untaian Hikmah (terjemahan, Pustaka Salman Bandung, 1986), Islam dan Koperasi (tim penulis, Depkop, 1989), Tuhan bagi Anak Yatim, dalam Yatim dan Masalahnya (UIA Press, 1988), Materi Dakwah Terurai III, V dan VII (Pemda DKI Jaya). Psikologi Dakwah (Pustaka Firdaus, 1999), Jiwa Dalam Al-Qur'an, Solusi Krisis Kerohanian Manusia Modern (Paramadina, 1999) dan Konseling Agama Teori dan Kasus (Bina Rena, 2000), 19 Kiat Hidup Barokah (Nurul Islam, 2000) Panduan Akhlak Mulia, Membangun Manusia & Bangsa Berkarakter (Bina Rena, 2001) Nasehat Perkawinan untuk Calon Mempelai, Mempelai Baru dan Mempelai Lama (Bina Rena, 2001) dan Psikologi Qur'ani (2001).

Dalam dunia politik saat ini, beliau adalah Pendiri Partai Demokrat (2001) dan saat ini duduk sebagai Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar