Selasa, 16 Agustus 2011

Selamat Datang !

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Segala puji bagi Allah seru sekalian alam, dan salam kasih kami kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW, semoga kita mampu mengikuti ajaran-ajarannya. Aamiin. Blog ini dibuat untuk memberi informasi kepada khalayak tentang kepanitiaan bersama untuk pelaksanaan sholat Idul Fitri 1432 H./ 2011 M.

Sebagaimana tuntunan nabi besar Muhammad SAW bahwa pelaksanaan sholat Idul Fitri dan Idul Adha lebih utama dilaksanakan di lapangan, dan untuk mempererat tali silaturrahim sesama-warga Pondok Sukmajaya Permai dan sekitarnya, maka disepakati oleh enam (6) Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) tempat-tempat ibadah Islam di Pondok Sukmajaya Permai dan sekitarnya untuk melaksanakan kegiatan sholat Idul Fitri dan Idul Adha secara bersama-sama di satu lokasi.

Sebelum 1431 H./ 2010 M., pelaksanaan sholat Idul Fitri dan Idul Adha di lingkungan Pondok Sukmajaya Permai dan sekitarnya dilaksanakan di dua masjid, yaitu di Al-Muttaqin dan di Al-Amin. Al Amin sendiri melaksanakannya di lapangan RT.10. Adanya dua lokasi ibadah pelaksanaan sholat Ied di satu lingkungan dirasa kurang elok atau kurang etis. Akhirnya mulai 1431 H/ 2010 M, pelaksanaan sholat Ied (Idul Fitri dan Idul Adha) dilaksanakan secara bersama-sama di satu lokasi dan satu kepanitiaan besar.

Lokasi yang dipilih adalah mulai  di pintu gerbang perumahan Pondok Sukmajaya Permai (disebut dengan Gapura) dan di jalan utamanya.

Pada pelaksanaan awal Idul Fitri dan Idul Adha 1431 H. warga sangat antusias menyambut pelaksanaan sholat Ied bersama ini dan menyatakan kesukacitaannya karena tampak menjadi lebih semarak, lebih menonjol hubungan tali silaturrahimnya, dan lebih mengedepankan ukhuwah islamiyahnya. Pelaksanaan pertama tersebut dikoordinatori oleh DKM Al-Muttaqin.

Merasakan pengalaman tersebut, maka kembali pada tahun ini akan dilaksanakan Sholat Ied bersama, namun kini giliran DKM Al-Amin untuk mengkoordinasikannya.

Tulisan berikut ini adalah persiapan-persiapan yang telah dilakukan untuk pelaksanaan sholat Idul Fitri 1432 H./ 2011 M.


I. PERSIAPAN:
SAFARI RAMADHAN 1432H

Koordinator Panitia Bersama Shalat Idul Fitri 1432 H., Bp. Masduqi Ikhsan melaksanakan safari Ramadhan ke semua tempat ibadah muslim di lingkungan Perumahan Pondok Sukmajaya Permai, Depok. Karena beliau berasal dari Masjid Al-Amin, maka beliau ditemani oleh jemaah Al-Amin.
            Pertemuan tersebut bertujuan: (1) melakukan silatur-rahim dan perkenalan Pengurus Masjid Al-Amin yang telah ditunjuk sebagai Koordinator Pelaksana kegiatan Shalat Idul Fitri dan Idul Adha 1432 H./ 2011 M. kepada Pengurus tempat ibadah yang dikunjungi, (2) Mengajak Pengurus/ jamaah tempat ibadah yang bersangkutan untuk turut serta menjadi Panitia perayaan tersebut, (3) bersama-sama mengunjungi tempat ibadah lainnya dalam rangka pemenuhan butir 1 dan 2 tersebut.
            Semua kunjungan dilaksanakan setelah sholat Tarawih. Kunjungan pertama dilakukan pada Selasa, 2 Agustus 2011 ke Mushola Nur-Rahman di RT.04/03. Kunjungan kedua dilaksanakan pada Rabu, 3 Agustus 2011 ke Mushola Al-Fatah di dalam SD Negeri Sukmajaya V, RW.02. Kunjungan ketiga dilaksanakan pada Kamis, 4 Agustus 2011 ke Mushola Baitul Jamaah di RT.01/03. Kunjungan keempat dilaksanakan ke Mushola Baitun-Nur pada Jum’at, 5 Agustus 2011 di Perumahan Andhika, dan kunjungan terakhir dilaksanakan pada Minggu, 7 Agustus 2011 ke Masjid Al-Muttaqin.
            Kesimpulan yang bisa diambil dari seluruh hasil pertemuan itu adalah sebagai berikut:

1. Kepanitiaan

            Seluruh DKM yang dikunjungi ingin bergabung dan secara bersama-sama melaksanakan sholat Idul Fitri di Gapura Pondok Sukmajaya Permai, dan mengirimkan perwakilannya (sedikitnya 5 personil) duduk di dalam kepanitiaan ini.

2. Kebutuhan Dana Awal

            Dana awal (persiapan) yang dibutuhkan, misalkan untuk biaya tenda, pengecatan, dan sebagainya akan dibiayai oleh pihak penyelenggara, yaitu Masjid Al-Amin. Namun demikian, bila ada pihak lain yang ingin membantu (karena ingin mendapatkan pahala yang dilipat-gandakan), itu selalu diharapkan.

3. Sisa Dana Terkumpul

            Selesai pelaksanaan sholat Idul Fitri 1432 H., sisa dana yang terkumpul dari seluruh jama’ah (setelah dikurangi seluruh biaya persiapan), semua pihak sepakat untuk disumbangkan ke Masjid Al-Amin dalam rangka turut membantu penyelesaian pembangunannya.

4. Waktu Pelaksanaan

            Untuk tidak memihak pada satu golongan dari berbagai golongan yang ada di masyarakat yang mungkin ada perbedaan perhitungan jatuhnya 1 Syawal 1432 H., maka disepakati, pelaksanaan sholat Idul Fitri 1432 H. mengikuti ketetapan Pemerintah RI.

5. Pembentukan Panitia

            Koordinator pelaksana, Bp. Masduqi Ikhsan diharap segera menyusun kepanitiaan yang merupakan gabungan dari seluruh panitia yang diberikan oleh masing-masing masjid atau mushola yang terlibat. Bp. Masduqi Ikhsan menjadwalkan pertemuan seluruh panitia yang ditunjuk oleh Pengurus tempat ibadahnya masing-masing dilakukan pada Selasa, 16 Agustus 2011 selesai shalat Tarawih di Masjid Al-Amin.

6. Berkas Tahun Lalu

            Diharap DKM Al-Muttaqin yang tahun lalu bertindak sebagai Koordinator I sholat Idul Fitri dan Idul Adha 1431 H. memberikan informasi atau paparan tentang pengalaman (kelebihan dan kekurangan pelaksanaan sebelumnya) berikut berkas-berkas yang dapat dijadikan patokan untuk dicontoh atau dilakukan perbaikan pada pelaksanaan tahun ini.
 ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
 Dari safari Ramadhan tersebut diperoleh nama-nama anggota DKM yang diikutsertakan dalam kepanitiaan.

PARTISIPAN KEPANITIAAN

TOKOH MASYARAKAT (Pemerintahan Wilayah):
            1. Herman Basiman Sutan Mudo (Penasihat RW.03)
            2. Bambang Wahyudi (Ketua RW.03)
            3. Sriyanto (Ketua RW.02)

MASJID AL-MUTTAQIN                      MASJID AL-AMIN
            1. H. Misbah Rosyadi                          1. H. Masduqi Ikhsan
            2. Agus Iriyanto                                   2. Yahya
            3. Miski                                               3. Joko
            4. H. Suryadi                                       4. Suryadi
            5. Sarjono                                            5. Hendry TK
            6. Tardi                                                6. Suripto
            7. H. Syaefudin                                   7. Siswanto IP.
                                                                        8. Marsono Y,
                                                                        9. Abd. Qodir
                                                                      10. Muttaqien

MUSHOLA NUR-RAHMAN                 MUSHOLA AL-FATAH
            1. H. Bambang Susilo                          1. H. Aden Rahmat
            2. H. Syarnubi                                      2. Ust. Nurman
            3. H. Heri Susilo                                  3. Ahmad Imroni
            4. Miskar Junaedi                                4. Hery
            5. H. Syahruddin                                 5. Andy
            6. Maulana
            7. Said

MUSHOLA BAITUN-NUR                    MUSHOLA BAITUL JAMAAH
            1. Andika                                             1. Anwar
            2. Suja’i                                               2. Drajat
            3. Deddy                                              3. H. Hendri Sarosa
            4. Zulfikar                                            4. H. Heri Susilo
            5. Safari
            6. Sulihin
            7. Helmi
            8. Sapto Hadi
            9. Sunoto
            10. Tri Waluyo

Dari sana, Koordinator Umum, Bp. H. Masduqi Ikhsan meminta Bp. Bambang Wahyudi (Ketua RW.03) untuk bertindak pula sebagai Sekretaris Panitia, dan diterima. Maka, dibentuklah rancangan susunan kepanitiaan sebagai berikut:

Rancangan Kepanitiaan(*):

Penasehat:                                       1. Herman Basiman Sutan Mudo
                                                         2. Bambang Wahyudi (Ketua RW.03)
                                                         3. Sriyono (Ketua RW.02)

Koordinator  Umum:     
Ketua:                                  H. Masduqi Ikhsan
Sekretaris:                            Bambang Wahyudi
Bendahara:                          Yahya

Koordinator Lapangan:                  -  Anwar Yudiono

Divisi-divisi:

1. Divisi Persiapan Lapangan:       
                                             -  Agus Irianto                  -  Marsono                          - Sarjono
-  Abd. Qodir                      -  Zulfikar                           - Andy
-  Miskar Junaidi(*)             -  Sulihin
-  Hartadi                            -  Maulana
-  Hery                                -  Sarjono
-  Suyitno                           -  H. Heri Susilo

2. Divisi Persiapan  Mimbar dan Panggung:

-  H. Misbah Rosyadi*     
-  H. Saefudin
-  Joko
-  H. Bambang Susilo
-  H. Hendri Sarosa

3. Divisi Keamanan dan Perparkiran:

- Tri Waluyo*
- Suryadi (Al-Amin)
- Sunoto
                            - Petugas Satpam

4. Divisi Humas, Publikasi dan Dokumentasi

            Humas & Publikasi:   -  Drajat*
  -  Tardi
  -  Siswanto Imam P.
  -  Andika

                Dokumentasi:          -  Muttaqien*
  -  H. Heri Susilo

5.  Divisi Menghidupkan Malam Takbir:

-  Ust. Furqon*
-  Syarnubi
-  Suja’i
-  Safari
- Ahmad Imroni
- Said

6. Divisi Sound system (peƱata-suara)

  - H. Heri Susilo (*)
                              - Suripto
                              - H. Syahruddin
                              - Deddy

 7. Divisi Penerima Tamu, Penyusun Acara & Protokoler:

   - H. Aden Rahmat*
                                                - Ust. Nurman
                                                - M. Saptono Hadi
                                                - Helmi
                                                - Meskisujaryo
                                                - Jujun Setiana (MC)
                                                - seluruh ketua DKM

8. Divisi Bilal:                         - Ust. Furqon*

9. Penggalangan Dana             - 1. Yahya
                                                  - 2. H. Suryadi (Al-Muttaqin)

Catatan:

(*) Rancangan ini telah disesuaikan dari hasil Pertemuan I,  16 Agustus 2011 di Al-Amin

Selanjutnya, dilakukan rapat Pertemuan I pada 16 Agustus 2011 di masjid Al-Amin. Karena waktu rapat bersinggungan dengan persiapan apel hari Kemerdekaan RI keesokan harinya dan acara Nuzulul Qur'an, panitia yang hadir hanya 20 orang. Berikut hasil resumenya:
  
                                          RESUME RAPAT 16 AGUSTUS 2011 DI MASJID AL-AMIN

1. Kehadiran dan Waktu Rapat

Jumlah peserta yang hadir: 20 orang yang mewakili 5 DKM. 1 DKM yang tidak hadir adalah Al-Fatah. Rapat dibuka secara resmi sekitar Pk. 21.30 dan berakhir sekitar Pk. 24.00

2. Hal yang Dibicarakan

Pembicaraan pada (1) finalisasi kepanitiaan, (2) inventarisasi kebutuhan barang, (3) inventarisasi kebutuhan surat-menyurat, (4) Rencana Aksi, dan (5) Jadwal Pertemuan II. Pertemuan dibuka oleh Koordinator Umum Bp. H. Masduqi Ikhsan dan Moderator oleh Bp. Bambang Wahyudi.

3. Hasil Pembicaraan:

3.1. Susunan Kepanitiaan
Pada intinya, semua panitia bekerja sama dan saling membantu dalam sebuah tim, susunan yang dicantumkan dalam kepanitiaan hanya sekadar plotting kewenangan dan tanggung jawab utama. Namun demikian terjadi perubahan susunan pada Bendahara. Karena seluruh dana dikeluarkan dan dimasukkan dari dan ke Al-Amin, maka Bendahara dipegang oleh Bp. Yahya saja (Al-Amin).

Ada tiga  divisi baru yang terbentuk, yaitu (1) Divisi Penggalangan Dana, yang dipegang oleh: 1. Bp. Yahya (Al-Amin) dan 2. Bp.  H. Suryadi (Al-Muttaqin). Divisi lainnya adalah (2) Divisi Konsumsi yang bertugas untuk menyiapkan konsumsi bagi tamu undangan pada hari H, dan peserta yang mengikuti kegiatan malam takbiran atau panitia yang bekerja. Divisi ini belum ada (belum dibentuk) personilnya.

Ada usulan untuk memasukkan unsur pemuda/ remaja dalam kepanitiaan, sehingga terbentuk (3) Divisi  Kepemudaan yang dikoordinir oleh Bp. Helmi (Baitun-Nur). Tugas dari divisi ini adalah 1. Membantu transportasi jamaah yang berusia lanjut menuju tempat sholat dan sebaliknya (bersifat mobile dengan sepeda motor), 2. Membantu mengatur shaf para jamaah, 3. Melaksanakan takbir di malam Idul Fitri, baik takbir keliling maupun terpusat, 4. Membantu Panitia Inti (termasuk penggalangan dana dari para jamaah ketika hari H.). Untuk itu diminta setiap DKM memberikan daftar nama pemuda/ remaja yang akan diikutsertakan dalam Divisi Kepemudaan ini pada Pertemuan II (Sabtu, 19 Agustus 2011).

Disetujui bahwa semua Ketua DKM harus menjadi Panitia di Divisi Penerima Tamu (khususnya untuk menyambut tamu undangan dan khotib).

3.2. Inventarisasi Kebutuhan Barang (Modal Kerja)
Pada pertemuan ini belum banyak terlontar kebutuhan barang yang akan diajukan. Masing-masing divisi akan melakukan rapat atau pertemuan kecil dengan anggota divisinya untuk merumuskan kerjanya. Dari sana akan diketahui kebutuhan barang secara lebih rinci. Kebutuhan barang itu (bila harus dibeli) akan diajukan ke Bendahara. Beberapa kebutuhan barang yang sudah terlontar adalah:
- 20 buah kantong untuk penggalangan dana dari para jamaah; (Divisi Penggalangan Dana)
- Kartu Tanda Panitia; (Divisi Penerima Tamu, Penyusun Acara dan Protokoler)
- Sapu Lidi, cat, tali rafia, kuas, kompresor; (Divisi Persiapan Lapangan)
- Tenda dan panggung; (Divisi Persiapan Mimbar dan Panggung)
- Kartu/ karcis Parkir dan rambu-rambu petunjuknya (Divisi Keamanan dan Parkir)
- 3 spanduk dan 1 baliho (Divisi Humas, Publikasi, dan Dokumentasi)
- Aki 24 Volt untuk takbir keliling.
Semua kebutuhan barang bisa menggunakan barang pribadi, sewa, atau beli dengan prinsip: efisien dan efektif.

3.3. Inventarisasi Kebutuhan Surat-Menyurat
Kebutuhan surat-menyurat juga akan dirembug di pertemuan masing-masing divisi, namun demikian, beberapa yang sudah terlontar di pertemuan ini adalah:
- Surat Pemberitahuan Kegiatan Sholat Idul Fitri: ke Polsek, Lurah, RW, RT, Pedagang dan Pengemudi Becak di sekitar Gapura;
- Bila menggunakan panggung dan tenda milik RT. 11/03 maka diperlukan surat kepada Ketua RT. 11/03.

4. Rencana Aksi

- Pengecatan tanda shaf dan persiapan lapangan akan dimulai pada H-2 dan H-1;
- Posisi imam akan berada di halaman mushola Baitul Jamaah, sedangkan panggung (tempat khutbah) akan diletakkan di dekat Gapura dengan maksud agar jamaah di jalan utama dapat melihat Khotib ketika sedang khutbah;
H. Masduqi Ikhsan
- Tempat parkir tamu undangan akan disiapkan di dekat Gapura dan halaman luar (ruko) Mutiara Depok;
- Transit Khotib sebelum sholat Ied dilaksanakan, di Mushola Baitul Jamaah;
- Selesai sholat Ied, direncanakan Khotib dan para undangan meninjau masjid Al Amin;
- Takbir keliling harap dikonsolidasikan dengan peserta takbir keliling dari masing-masing DKM yang melaksanakannya agar dapat dilaksanakan secara bersama-sama;
- Bp. Saptono Hadi (Baitun-Nur) akan berusaha untuk mendapatkan (pinjaman) HT untuk kenyamanan komunikasi sesama panitia di lapangan nantinya;
- Poster dan baliho akan didesain oleh Bp. Saptono Hadi sedangkan pencetakannya akan dilakukan rekanan Bp. H. Masduqi Ikhsan;
- Akan dibuat brosur pemberitahuan tentang sholat Idul Fitri 1432 H. kepada seluruh warga yang akan dicetak oleh Bp. Dradjat (Baitul Jamaah);
- Pihak RW.03 akan menyumbang dana untuk keperluan konsumsi tamu undangan ketika transit di Mushola Baitul Jamaah.
Sebagian Peserta Pertemuan I

Pada saat hari H pelaksanaan nanti, selain akan membawa acara sesuai susunan acara yang telah disusunnya, pembawa acara (MC) juga akan memberi informasi (pengumuman-pengumuman) dari divisi-divisi yang memang perlu disampaikan pada saat sebelum dan setelah selesai sholat Ied dan khutbah.

Inventarisasi pengumuman-pengumuman itu antara lain:
- Permohonan kepada jamaah untuk mengisi shaf yang terdepan atau yang masih kosong;
- Pemberitahuan tentang tata cara dan adab mengikuti sholat Ied dan mendengarkan khutbah (akan disampaikan oleh petugas khusus di luar MC);
- Laporan penerimaan dana ZIS (zakat, infaq, shadaqah) selama Ramadhan oleh setiap DKM (yang pembacaannya diwakili oleh satu orang saja);
- Sambutan dari Koordinator Umum (yang isinya lebih difokuskan untuk penyelesaian pembangunan masjid Al-Amin), selain ucapan terima kasih kepada pihak-pihak terkait;
- Pemberitahuan tentang saatnya penggalangan dana. Disepakati dilaksanakan sebelum sholat Ied dan khutbah. Jadi, dimulai ketika hampir selesainya sambutan dari Koordinator Umum yang ditambah jeda yang diisi takbir, tasbih, tahmid yang dipimpin oleh Bilal;
- Sewaktu Khotib pindah dari tempat imam ke panggung khutbah, diisi pula dengan takbir, tasbih, tahmid. Begitu pula ketika khutbah selesai dan khotib kembali transit sebentar di Baitul Jamaah sebelum menuju Al-Amin;
- Pengumuman tentang penerimaan dana dari jamaah;
- Pengumuman tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sebelum meninggalkan tempat shalat dengan tertib (misalkan dengan melipat koran yang digunakan sebagai alas sajadah, dibawa pulang atau diletakkan di sisi jalan).

Divisi Penerima Tamu, Penyusun Acara & Protokoler akan menyusun acara. Untuk itu, bagi divisi lain yang memerlukan penyampaian informasi kepada jamaah, harap menghubungi divisi tersebut sebelum hari H agar dapat dimasukkan ke dalam susunannya.

5. Jadwal Pertemuan II

Karena waktu semakin dekat, maka pertemuan II akan dilaksanakan pada Sabtu 19 Agustus 2011, selesai shalat Tarawih (± Pk. 20.30 WIB) dan kembali diadakan di Masjid Al-Amin, Blok D. Diharap seluruh panitia menghadirinya demi solidnya panitia bekerja.

Demikian resume Pertemuan I pada 16 Agustus 2011 ini. Terima kasih.
                                                                                                                                                                

Lampiran resume Pertemuan I, 16 Agustus 2011: 

                                                          Daftar Nomor Telepon Sebagian Panitia

No.
Nama Panitia
Divisi
Telpon
1.
Abd. Qodir
Persiapan Lapangan
021-778-29-856
2.
Agus Irianto
Persiapan Lapangan
021-7033-1055
3.
Andika
Humas & Publikasi
0817-941-2092
4.
Bambang Wahyudi
Sekretaris
0816-13-82-870
5.
Dradjat
Humas & Publikasi
0811-1556-52
6.
H. Bambang Susilo
Mimbar & Panggung
0816-168-3674
7.
H. Heri Susilo
Persiapan Lapangan
0812-86-86-087
8.
H. Masduqi  Ikhsan
Koord. Umum
0878-773-82-377
9.
H. Misbah Rosyadi
Mimbar & Panggung
0813-834-07-247
10.
H. Suryadi
Penggalang Dana II
021-77-06-649
11.
H. Syaefudin
Mimbar & Panggung
0813-886-33-485
12.
Helmi
Protokoler
0858-80-765-451
13.
Jujun Setiana
Protokoler/ MC
0812-814-1039
14.
Marsono Y.
Persiapan Lapangan
021-778-25-284
15.
Meskisujaryo
Protokoler
0815-16-33-727
16.
Siswanto
Humas & Publikasi
0812-924-1078
17.
Suripto
Sound System
0857-143-83-463
18.
Suryadi
Keamanan & Parkir
021-685-23-111
19.
Suyitno
Persiapan Lapangan
0818-082-22-542
20.
Syarnubi
Malam Takbir
0813-169-142-45
21.
Yahya
Bendahara I
021-770-65-13

Catatan: Bagi anggota panitia yang tidak hadir di pertemuan ini diberitahukan bahwa setiap divisi akan melakukan pertemuan masing-masing untuk membahas prosedur kerjanya sebelum Pertemuan II secara paripurna dilaksanakan. Silakan segera bergabung.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar